18 Maret 2010

“Urgensi Kesadaran Bagi Wanita Muslimah”

Jika sebuah pertanyaan kemudian terlontar pada kita, apakah peran wanita muslimah hari ini?
bagaimana kita akan menjawabnya?
banyak jawaban dari sebuah pertanyaan singkat tersebut...
banyak..dan banyak sekali…
akan tetapi, mungkin secara tidak sadar,kita sendiri memiliki kesusahan untuk bisa mengaplikasikan nya dalam kehidupan kita sehari-hari, dengan berbagai apologi terhadap semua alasan-alasan kita tersebut.
padahal, kesadaran akan permasalahan yang dibarengi dengan solusi yang kemudian kita internalisasi dan kita aplikasikan dalam kehidupan ini menjadi sebuah hal yang penting bagi setiap muslimah yang mu'min.
Banyak referensi buku, maupun kajian-kajian yang membahas dan menerangkan tentang pokok pembahasan ini, dan saya ingin berbagi tentang sedikit hal yang saya ketahui, tentunya yang menyinggung urgensi kesadaran bagi wanita muslimah. Urgensi kesadaran tersebut tersirat ketika wanita muslimah bisa memahami islamnya secara jelas dan lengkap, tanpa parsialisme atau pemilahan, tidak mengambil satu sisi seraya meninggalkan sisi yang lain. Tidak kemudian hanya mengambil ekstraknya saja yang baik baginya, dan yang tidak memberatkannya. Wanita muslimah akan memahami makna sunnah Rasulullah saw., sehingga terdoronglah ia untuk mengenal dan melaksankannya dalam seluruh aspek perilaku dan semua bidang kehidupan. Mencoba untuk senantiasa meneladani perilaku Rasul, istri-istri Rasul, serta barisan shahabiyah yang senantiasa mengharapkan keRidhaanNya. Wanita muslimah akan memahami arti keteguhan dalam memegang agamanya, walau bagaimanapun sulitnya kondisi di sekitarnya sehingga ia dapat hidup dengan keyakinan yang tiggi kepada Allah, tenteram dengan keRidhaanNya, sekalipun ujian berat menimpanya. Wanita muslimah bisa menundukkan keraguan dan mengusirnya dari dirinya sehingga terbebas dari kebimbangan dan kebingungan. Ia akan mengetahui bahwa ia seorang wanita yang berjaya di sisi Allah swt. selama berpegang teguh pada agama ini, sehingga tidak akan takut kepada seorang pun. Wanita muslimah bisa menumbuhkan di dalam dirinya semacam pertahanan diri menghadapi serangan-serangan peradaban modern yang mengabarkan tinggi panji-panji seksualitas dan berbagai cara membangkitkan nafsu seksual guna merusak generasi, meruntuhkan akhlak, dan mengikis akidah. Kesadaran ini akan memotivasi wanita muslimah untuk menjalani kehidupan islami yang bersih, sehingga ia akan muncul di hadapan wanita-wanita muda lain sebayanya sebagai sebuah potret yang nyata. Potret indah yang khas dengan karakter yang wajar, sempurna, tidak memusuhi fitrah manusia yang telah diciptakan oleh Allah Azza Wa Jala, juga tidak menimbulkan kekalutan yang yang telah banyak ditimbulkan oleh peradaban modern.
Sejujurnya, tidak sedikit wanita muslimah yang mu’min yang dapat kita temui di tengah wanita-wanita yang ada pada saat ini (yang lebih mendewakan fashion, dan menjadikan fashion sebagai kebutuhan primer).
Semoga kita (saya dan antunna yang sedang membaca tulisan ini), menjadi bagian dari kaum wanita muslimah yang mu’min, dan senantiasa mencoba untuk menjadi lebih baik dari saat ini.
Wallahu a’lamu bishshowab
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ALIRAN RASA GAMES LEVEL 5 KELAS BUNSAY #2 KOORDI IIP by. Defi Sulistyana “Yang Tak Terlupakan” Bismillaah, Ramadhan seakan ...